5 Ras Poksay Hongkong Jantan Beserta Tips Perawatan

Jenis burung poksay hongkong merupakan salah satu jenis burung yang banyak digemari para penghobi burung. Jenis poksay paling populer tersebut juga sering disebut dengan nama poksay pipi putih atau poksay tompel. Sementara di manca negara, poksay hongkong memiliki nama black-throated laughingthrush. Untuk nama lokal poksay hongkong di China yaitu witwang, poksay, dan san wu. Lain halnya dengan nama latinnya, pasalnya poksay hongkong tersebut memiliki nama latin Garrulax chinensis.

Di tahun 1990-an, poksay hongkong sangat populer di Indonesia. Terbukti dari hasil penjualan poksay hongkong yang merajai pasaran. Jenis burung poksay hongkong itu sendiri memiliki banyak ras dengan keunggulan dan daya tarik tersendiri. Untuk mendapatkan poksay hongkong dengan suara merdu pun harus melakukan serangkaian perawatan khusus. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja ras atau subspesies dan tips perawatan jenis burung poksay hongkong berikut ini.

poksay hongkong

5 Ras Poksay Hongkong Jantan Beserta Tips Perawatan

Ras (Subspesies) Poksay Hongkong

Jenis burung poksay hongkong memiliki 5 ras yang tersebar di berbagai wilayah terbatas di China dan Indochina. Ras poksay hongkong yang pertama ialah Garrulax chinensis chinensis, ras tersebut berada dalam habitat wilayah tenggara China, Laos, dan Vietnam. Ras poksay hongkong yang kedua ialah Garrulax chinensis lochmius yang berhabitat di wilayah selatan China (Yunnan), wilayah timur Myanmar, wilayah utara Thailand, dan wilayah baratlaut Laos.

Ras poksay hongkong selanjutnya yaitu Garrulax chinensis propinquus dengan habitat di wilayah selatan Myanmar dan wilayah barat Thailand. Ras poksay hongkong keempat yaitu Garrulax chinensis germaini yang berhabitat di wilayah selatan Vietnam dan Kamboja. Untuk ras poksay hongkong yang terakhir yaitu Garrulax chinensis monachus. Ras poksay hongkong yang kelima tersebut merupakan burung endemik di Pulau Hainan, China. Meski bernama poksay hongkong, jenis burung tersebut tidak ditemukan di Hongkong.

Cara Merawat Poksay Hongkong

Salah satu keunggulan merawat poksay hongkong yaitu terciptanya siulan nostalgia dari poksay hongkong. Perbedaan poksay hitam jantan dan betina itu sendiri sukar untuk dibedakan. Harga poksay hongkong betina dan jantan pun juga berbeda. Sementara untuk cara ternak poksay mandarin dan juga poksay hongkong cukup mudah. Anda harus merawat poksay hongkong dengan baik dan teliti. Lakukan pengembunan secara rutin sejak subuh. Baru setelah itu, anda bisa memberinya makan berupa 2 ekor ulat bambu. Sebagai tambahan nutrisi, anda juga bisa memberi poksay hongkong pakan berupa mutivitamin, kroto, dan juga buah pepaya. Dengan begitu, kesehatan poksay hongkong dapat terus terjaga dengan baik.

Perawatan poksay hongkong selanjutnya yaitu dengan memandikannya. Anda bisa memandikan poksay hongkong dengan cara disemprot maupun memandikannya dalam keramba. Setelah itu, teduhkan poksay hongkong sambil memberinya pakan berupa 3-5 jangkrik serta 2 ulat hongkong. Lakukan penjemuran poksay hongkong sekitar 1 jam. Di sore harinya, anda bisa memberinya pakan berupa 3 jangkrik dan 1 ulat bambu. Pemberian nutrisi tambahan bertujuan agar poksay hongkong tersebut selalu dalam kondisi prima sehingga mempermudah burung tersebut untuk rajin bunyi. Sekitar pukul 6 sore, anda bisa memasukkan poksay hongkong tersebut ke dalam rumah untuk istirahat. Lakukan perawatan tersebut secara rutin setiap harinya hingga poksay hongkong tersebut dapat rajin berkicau dengan merdu.

Itulah ulasan terupdate mengenai poksay hongkong jantan selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *