Cara Mengatasi Kenari Jantan Mogok Bunyi

Kenari yang macet bunyi tidak hanya karena si burung dalam proses mabung saja, pasti banyak dari pecinta burung kenari mania mengalami hal yang tidak mengenakkan ini. Kenari kesayangan kita yang awalnya sangat gacor dengan kicauannya yang merdu, secara tiba-tiba mengalami macet.
Mabung memang menjadi salah satu faktor penyebab macetnya suatu burung untuk gacor, baik itu burung kenari atau burung yang lain. Mabung merupakan suatu proses alami yang dialami oleh semua jenis burung, biasanya lama proses rontoknya bulu ini selama 6-7 minggu.

Cara Mengatasi Kenari Jantan Mogok Bunyi

Mabung memang proses alami yang sangat berat dialami bagi seekor burung, karena harus mengeluarkan banyak energi dan stamina untuk proses rontoknya bulus sehingga menjadikan burung yang rajin gacor akan menurunkan performanya bahkan akan menurunkan volume suaranya dan akhirnya macet. Untuk kengatasi maslah burung kenari yang macet kita harus benar-benar jeli dan detail untuk mengetahui penyebab sebenarnya atau penyebab utama burung kenari anda macet.

Penyebab Burung Kenari Mogok Bunyi

Stamina yang terus menurun akibat mabung bisa membuat burung kenari menjadi malas berbunyi. Selain itu ada faktor lain yang menyebabkan kenari jantan yang tadinya rajin berbunyi menjadi malas berbunyi bahkan kenari jantan menjadi macet berbunyi yaitu karena perawatan kenari yang asal-asalan, mulai dari segi makanan, penting dicepuk tempat makanannya diisi makanan, yang penting tempat makan terisi dan si kenari bisa memakan makanan tersebut. Tak jarang pula hanya memberi makanan biji-bijian serta voor tanpa memberi buah dan sayur (untuk burung pemakan voor). padahal burung saat mabung ini jarang bergerak sehingga ini yang menyebabkan kegemukan. Fungsi buah dan sayur adalah sebagai makanan berserat.

Jika kenari jantan macet bunyi karena kurangnya perawatan makanan, maka solusinya adalah dengan memperhatikan porsi makanan dan jenis makannnya, serta berikan perawatan khusus. Makanan berupa biji-bijian dikurangi porsinya. Porsi buah lebih banyak. Berilah buah dan sayur yang bervariasi seperti, apel, sawi, mentimun dan lain lain. Banyak dijemur (dijemur lebih lama) sebenarnya penjemuran tidak akan melunturkan atau melelehkan lemaknya namun hanya mengurangi porsi makan si burung dengan banyak minum. Sesering mungkin si burung dimandikan, karena bisa mempercepat penurunan berat badan burung, saat mandi si burung banyak bergerak sehingga mengeluarkan energi.

Solusi Kenari Mogok Berbunyi

Stress pada burung juga bisa menjadikan si burung malas berbunyi, dan banyak hal yang mempengaruhi tingkatan stress pada semua burung ocehan termasuk kenari. Strees bisa juga disebabkan dari hal yang menurut kita ringan, seperti menempatkan atau memindah burung kesangkar baru. Stress juga bisa terjadi karena hal yang berat. Burung kenari bisa stress karena ditempatkan di tempat yang tidak nyaman, bising sehingga tidak mau berbunyi lagi.

Tempatkan burung dilingkungan yang nyaman dan tidak bising, dengan begitu burung kenari merasa nyaman dan mau berbunyi lagi. Jangan biarkan burung anda diletakkan di tempat yang terlalu panas atau dingin (di dekat AC) berikan suasana yang sejuk dan nyaman untuk burung. Jauhkan burung dari tempat yang kita sinyalir mungkin bisa mendatangkan predator seperti kucing, tikus, tokek, anjing dan hewan lainya. Jika penyebabnya terlalu birahi, kenari jantan tinggi (over) birahinya, segera carikan kenari betina untuk dikawinkan dengan burung kenari jantan yang sedang over birahi tersebut.

Sakit karena tungau kantung udara, Burung kenari bisa macet karena penyakit tungau kantung udara yang menyerang sistem pernafasan burung kenari. Solusi yang cukup cepat adalah memberikan Bridfress sebagai obatnya. Caranya dengan hanya memberikan Brid fress dibagian tengkuk burung sebelah kiri dan kanan. Selama pengobatan jangan biarkan burung yang sedang diobatai terpapar atau terkena sinar matahari terik dengan durasi lama, karena terpapar sinar matahari lama bisa membuat burung terinfeksi lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *