Cara Merawat Burung Jalak Nias Agar Gacor

Jalak Nias memiliki nama ilmiah Acridotheres tristis. Ciri fisik pada bodi mempunyai dominan berwarna coklat tua hampir semua badan, dan bulu kepala berwarna hitam. Pada bagian belakang atau pantat memiliki warna putih. Serta warna kuning di bagian paruh, lingkar mata dan kulit kaki. Ukuran tubuh burung ini hampir seukuran dengan jalak suren. Burung ini mempunyai kecerdasan dari pada burung lainya, karena Jalak Nias bisa dilatih sampai bisa menirukan suara manusia.

Cara Merawat Burung Jalak Nias Agar Gacor

Jalak Nias memiliki yang suara lantang dan variatif, burung berparuh runcing ini menjadi cukup populer di tanah air. Kenyataan tersebut bisa dilihat dari semakin meningkatnya permintaan di pasaran dan terus bertambahnya penangkar dari burung jenis ini. Tak hanya itu saja, Jalak Nias juga seringkali tampil di beberapa arena perlombaan burung yang sekarang ini banyak diadakan di berbagai daerah. Meskipun keberadaannya terus diburu oleh para pecinta burung kicau, akan tetapi populasinya di alam bebas bisa dikatakan masih melimpah lantaran sudah banyak orang yang mulai antusias untuk membudidayakannya.

Cara Merawat Jalak Nias

Untuk anda yang ingin memelihara burung Jalak Nias, pastinya sudah tahu perbedaan dari masing-masing jenis kelaminnya. Untuk jalak nias jantan banyak yang mengatakan bahwa suara gacornya lebih lantang dan variasinya cukup beragam. Sedangkan ciri betina pada suara, cenderung halus dengan sedikit variasi, bahkan hingga ada yang memiliki suara monoton. Dari beberapa pernyataan tersebut, masih ada beberapa aspek-aspek yang bisa digunakan untuk membedakan antara kedua jenis kelamin dari unggas burung berbadan gempal ini.

Burung Jalak Nias ini adalah burung yang mempunyai daya tubuh yang kuat karena Jalak Nias ini tahan dari segala macam penyakit. Sedangkan untuk umur burung ini bisa mencapai puluhan tahun. Semakin tua umurnya burung ini akan bertambah bagus pula suaranya. Tapi untuk mendapatkan suara yang lantang dan gacor anda perlu melakukan perawatan burung Jalak Nias dengan baik.
Pemberian Makanan Jalak Suren

Untuk makananya, anda bisa memberinya buah-buahan yang bervariasi pada setiap harinya. Untuk makanan serangga, burung Jalak Nias lebih menyukai belalang daripada jangkrik. Burung Jalak Nias memang sering mengotori sangkarnya, oleh karena itu bersihkan sangkarnya kurang lebih dua kali sehari. Berikan multivitamin setiap 2-3 hari sekali. Cukup sulit membedakan jenis kelamin burung ini. Tetapi, berdasarkan pada pengalaman, burung Jalak Nias jantan akan mengembangkan jambulnya kalau berkicau. Warna bulunya juga lebih tajam dan tegas, serta kuku pada jari-jarinya lebih panjang.

Untuk memandikan burung Jalak Nias sebaiknya dimandikan setiap pagi dengan cara semprot pakai spray atau jika memungkinkan berilah cepuk agar burung lebih leluasa mandinya yaitu pada sekitar jam 7-an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi hujan dan jangan lupa apabila mandi dengan cepuk, ambil cepuk kembali apabila sudah selesai mandi.  Kalau memandikan sore hari, mandikanlah dengan air hangat.

Lakukan pemasteran suara, baik melalui suara burng secara langsung seperti misalnya didekatkan dengan burung-burung dengan suara yang indah dan unik namun diusahakan yang sudah gacor, seperti jalak suren, jalak kebo, gelatik, kenari, murai batu, gereja, dan bisa juga dengan menggunakan suara burung dalam bentuk MP3 yang sudah pernah jadi jawara dengan settingan suara yang bisa membuat burung  kita bisa berlatih dan terbiasa dengan suara tersebut.

Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah nyaman, jangan sampai terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *