Cucak Ijo Banyuwangi Trotol, Inilah Ciri Khas Keunikannya

Cucak ijo Banyuwangi trotol menjadi primadona cucak ijo hingga kini. Banyak para penghobi burung yang mencari jenis cucak ijo Banyuwangi trotol ini. Pasalnya, cucak ijo Banyuwangi trotol ini memiliki keunikan dengan ciri khas yang membedakannya dengan jenis cucak ijo lainnya. Cucak ijo Banyuwangi trotol dijual relatif mahal dibandingkan jenis cucak ijo lainnya. Harga yang dibanderolkan pada cucak ijo Banyuwangi trotol ini berada dalam kisaran sejutaan. Harga cucak ijo Banyuwangi yang begitu mahal ini tidak menyurutkan niat para penghobi burung untuk memeliharanya.

Di Banyuwangi, jenis burung cucak ijo Banyuwangi trotol banyak ditemukan di berbagai wilayah tertentu. Namun banyak yang mengklaim cucak ijo di wilayah Jawa Timur lainnya seperti Jember dan Lumajang adalah jenis cucak ijo Banyuwangi trotol demi mendongkrak keuntungan yang lebih besar. Banyak orang yang tertipu dengan hal tersebut karena kekurangan pengetahuan mengenai karakteristik cucak ijo Banyuwangi trotol. Oleh karena itu agar anda tidak mudah tertipu, simak dengan teliti ciri khas cucak ijo Banyuwangi trotol berikut ini.

Ciri Cucak Ijo Banyuwangi Trotol

Cucak ijo Banyuwangi trotol memiliki sederet ciri-ciri khas yang membuatnya berbeda dibandingkan jenis cucak ijo lainnya. Ciri khas dari cucak ijo Banyuwangi trotol tersebut diantaranya yaitu memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih panjang dan agak melengkung dibandingkan jenis cucak ijo lainnya. Jenis cucak ijo Jawa Timur memiliki postur tubuh yang kecil, namun tetap relatif panjang. Untuk ciri cucak ijo Banyuwangi trotol jantan memiliki ekor besar yang mengempal agak ke bawah. Untuk lebih lengkapnya, anda simak saja cara membedakan cucak ijo betina dan jantan.

Cucak ijo Banyuwangi trotol selanjutnya adalah memiliki warna bulu hijau yang jelas dan terang. Jenis cucak ijo lainnya cenderung memiliki bulu berwarna hijau kekuningan. Warna bulu cucak ijo Banyuwangi trotol yang berada di bawah mulut yaitu hitam gelap, samping mulut cucak ijo Banyuwangi trotol berwarna agak kebiruan dan putih, sementara di sayap kanan dan kiri ada warna biru. Warna-warna unik yang dimiliki jenis burung cucak ijo Banyuwangi trotol ini menjadi daya tarik para penghobi burung untuk memeliharanya.

Ciri cucak ijo jantan umur 5 bulan berbeda dengan ciri cucak ijo Banyuwangi trotol dewasa. Perbedaan yang mencolok antara keduanya terlihat jelas pada kualitas suaranya. Suara cucak ijo Banyuwangi trotol dewasa memiliki kicauan yang kurang bervariasi dan kurang jelas saat tidak diadu. Akan tetapi saat jenis cucak ijo Banyuwangi trotol ini diadu, suara yang dikicaukannya akan relatif lebih bervariasi sehingga terbilang unik dan juga menarik. Kekhasan inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang ingin memiliki cucak ijo Banyuwangi trotol tersebut.

Cucak ijo Banyuwangi trotol yang bagus dapat mengeluarkan suara yang nyaring dan lantang. Selain itu, saat cucak ijo Banyuwangi trotol berkicau, ekornya terlihat bergoyang dengan tenggorokan yang tampak cembung. Cucak ijo Banyuwangi trotol jantan yang bagus memiliki bentuk kepala yang cepak. Bulu cucak ijo Banyuwangi trotol juga harus kering, mengkilap, dan tidak kusam. Ciri-ciri inilah yang banyak dijadikan acuan para penghobi burung dalam membedakan jenis cucak ijo.

Itulah ulasan terupdate mengenai cucak ijo Banyuwangi trotol selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *