Keistimewaan Cendet Jawa Barat

Burung cendet atau yang populer dengan nama pentet merupakan salah satu jenis burung predator yang banyak digemari penghobi burung karena memiliki kualitas suara yang bervariasi isian dan terbilang sangat baik dibandingkan jenis burung predator lainnya. Selain segi suara yang bagus, keunggulan jenis burung cendet tersebut juga dilihat dari cara perawatannya. Pasalnya, cara perawatan burung cendet terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun bahkan seorang pemula sekalipun.

Burung cendet termasuk salah satu jenis burung predator cerdas yang berasal dari keluarga Turdidae. Burung cendet juga dapat memaster suara jenis burung lainnya sehingga tak heran jika menjadi idola. Burung cendet itu sendiri berasal dari banyak wilayah, salah satunya dari Jawa Barat. Sesuai dengan sumber wilayahnya, jenis burung cendet yang satu ini memiliki nama cendet Jawa Barat. Untuk info lebih jelasnya, langsung saja anda simak ulasan lengkap jenis burung cendet Jawa Barat berikut ini.

Keistimewaan Cendet Jawa Barat

Dibandingkan cendet Jawa Timur, cendet Jawa Barat memiliki suara yang lebih bervariatif. Kualitas suara pentet Jawa Barat juga lebih merdu dan indah didengar. Suara pentet Jawa Barat jantan sangat keras namun tidak sampai memekakkan telinga pendengar. Selain cendet dan pentet, burung cendet juga banyak disebut dengan nama bentet dan toet (Jawa Barat). Burung cendet berasal dari Famili Laniidae yang memiliki 74 spesies yang terbagi dalam 4 golongan. Dengan begitu, dapat diketahui bahwa burung cendet memiliki banyak jenis dengan keunggulan dan karakteristik tersendiri. Perawatan burung cendet terbilang mudah sehingga jangan ragu untuk memeliharanya. Harga cendet Jawa Barat pun juga beragam tergantung dari mana asal mula burung cendet tersebut.

Sifat dasar jenis burung cendet cukup mudah dikenali. Beberapa diantaranya yaitu burung cendet cenderung lebih ganas apabila telah merasakan lapar. Terlebih lagi, burung cendet akan berlaku agresif saat lapar. Burung cendet juga termasuk jenis burung petarung yang berteritorial. Semangat tempur burung cendet dapat dilihat saat ia mendengar suara burung lain atau ketika melihat burung cendet lainnya. Meski termasuk jenis burung yang ganas, burung cendet ternyata mudah menjadi jinak. Burung cendet mampu beradaptasi dengan sangat baik. Tidak heran jika burung cendet mudah akrab dengan manusia. Untuk karakteristik cendet jantan dan betina pun juga berbeda. Cendet betina memiliki warna hitam yang terlihat semu dibanding jantannya.

Sementara untuk ciri fisik burung cendet diantaranya yaitu memiliki tubuh dengan panjang sekitar 20 hingga 25 cm. Paruh burung cendet berbentuk kait di ujungnya. Selain itu, burung cendet juga memiliki tungkai kuat dengan cakar yang tajam. Sementara untuk sayapnya, burung cendet memiliki sayap pendek yang membulat dengan 10 bulu sayap luar utama. Untuk ekornya, burung cendet memiliki bentuk ekor yang membulat dengan 12 bulu. Di sekitar mulutnya, burung cendet memiliki bulu yang kaku. Saat tengah berbunyi, ekor burung cendet yang panjang akan meliuk-liuk sehingga memberikan kesan unik dan menarik. Burung cendet pun banyak dipelihara para penghobi burung. Bagi anda yang juga memelihara burung cendet, sebaiknya mengetahui perawatan burung anakan cendet yang baik dan benar agar mudah gacor dan juara.

Itulah ulasan terupdate mengenai cendet Jawa Barat selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *