Keistimewaan dan Karakteristik Jalak Putih Jantan

jalak putih

Burung jalak putih memiliki nama latin Sturnus melanopterus. Burung jalak putih ini banyak tersebar di pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatra dan Kalimantan. Populasi jalak putih saat ini tengah berada di ambang kepunahan sehingga keberadaannya pun begitu langka sama halnya dengan keberadaan salah satu jenis burung jalak lainnya yakni jalak bali. Burung jalak putih ini dianggap sebagai tengahan dari jenis burung jalak suren dengan jalak hitam.

Banyak para penghobi burung yang membanding-bandingkan jenis burung jalak putih dengan jalak suren. Padahal, keduanya memiliki ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Keunggulan jalak putih dapat dilihat dari segi fisik dan juga kualitas suara jalak putih yang dihasilkannya. Jalak putih juga cukup populer seperti halnya jenis burung jalak yang lainnya. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja apa saja keistimewaan dan juga karakteristik jenis burung jalak putih jantan berikut ini.

Keistimewaan Jalak Putih Jantan

Burung jalak putih termasuk jenis burung yang sangat langka sehingga keberadaannya menjadi istimewa. Habitat jenis burung jalak putih berada di sekitar rawa-rawa, hutan, dan dataran rendah. Pada mulanya, burung jalak putih masih mau berterbangan di areal sawah pedesaan, namun dikarenakan populasinya yang hampir punah tersebut maka jalak putih hanya terdapat di pedalaman hutan-hutan yang sulit untuk dijangkau manusia.

Untuk menjaga populasinya yang hampir punah tersebut, burung jalak putih masuk dalam jenis burung yang keberadaannya dilindungi oleh undang-undang. Dibandingkan di pulau Jawa, jenis burung jalak putih masih berkembang baik di pulau Sumatra dan Kalimantan. Burung jalak putih biasa hidup berkelompok 4 hingga 5 ekor akan tetapi cukup ribut. Jalak putih sering terlihat bersarang di lubang-lubang pohon tinggi sehingga sulit untuk ditemukan.

Karakteristik Jalak Putih Jantan

Burung jalak putih memiliki ukuran tubuh yang sedang yakni berukuran sekitar 20 hingga 25 cm. Jenis burung jalak putih memang terlihat gagah. Paruh jalak putih begitu kuat, tajam, dan tangguh. Kaki jalak putih begitu panjang sebanding dengan tubuhnya. Kualitas suara jalak putih jantan termasuk jenis burung yang pandai menirukan suara burung lain. Untuk ciri khas jalak putih jantan dan betina begitu sulit untuk dibedakan, hanya saja masing-masing telah memiliki karakteristik yang dapat kita jadikan pedoman pembedanya.

Jalak putih jantan yang berusia 2 hingga 3 bulan memiliki tubuh yang lebih besar, kepala lebih besar, dan postur tubuh yang lebih panjang dan tegak dibanding betinanya. Untuk segi suaranya, jika jalak putih jantan dipegang akan mengeluarkan bunyi ‘kek’ sedangkan untuk jalak putih betina jika dipegang akan berbunyi ‘kik’. Selain itu, daerah sekitar mata jalak putih jantan akan berwarna lebih kuning dibandingkan betinanya. Saat diloloh, mulut jalak putih jantan juga lebih lebar dan memiliki warna lebih kuning.

Membedakan jenis kelamin burung jalak putih tersebut sangatlah penting dilakukan guna melanjutkan ke proses perawatannya agar cepat gacor. Pasalnya, suara jalak putih jantan lebih merdu dan indah dibandingkan suara jalak putih betina. Suara jalak putih yang jantan lebih terdengar ribut dan nyaring. Untuk bagaimana perawatannya, anda simak saja cara perawatan jenis burung jalak agar cepat gacor. Banyak tips-tips ampuh dalam perawatan burung jalak agar cepat gacor.

Itulah ulasan terupdate mengenai jalak putih jantan selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *