Mengenal Jenis Burung Pleci Mata Putih Lebih Detail

Jenis burung pleci mata putih merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak dicari para penghobi burung. Jenis burung pleci yang satu ini lebih mudah berkicau dibandingkan jenis burung pleci lainnya. Untuk jenisnya, burung pleci mata putih sendiri terdapat berbagai jenis di Indonesia. Beberapa jenis burung pleci tersebut diantaranya yaitu pleci mata putih gunung muria, pleci mata putih kudus, pleci mata putih jepara, pleci mata putih jawa timur, dan berbagai jenis pleci mata putih lainnya.

Pleci mata putih memiliki keunggulan tersendiri sehingga banyak yang mengidolakannya. Beberapa keistimewaan burung pleci mata putih tersebut yaitu mampu mengeluarkan suara yang jernih dan juga mengkristal. Bahkan ketika bertemu dengan lawan, burung pleci yang satu ini cukup agresif. Dengan perawatan yang baik, burung pleci mata putih akan memiliki suara yang lebih unik dan akan rajin berkicau. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja semua tentang burung pleci mata putih berikut ini.

pleci mata putih

Karakteristik Pleci Mata Putih

Ciri-ciri pleci mata putih diantaranya yaitu memiliki iris mata yang berwarna putih sesuai dengan nama yang dipakainya. Di bagian dalam mata tersebut, anda akan melihat warna hitam dan juga lingkaran putih yang menyerupai kacamata. Jika dilihat secara keseluruhan, burung pleci yang satu ini memiliki dada yang berwarna kekuning-kuningan. Punggung pleci mata putih memiliki warna sedikit hijau. Burung pleci mata putih tersebut merupakan jenis burung yang berukuran tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil dibandingkan dengan jenis burung pleci lainnya.

Sementara untuk habitatnya, jenis burung pleci mata putih banyak tersebar di wilayah Jawa dan juga Nusa Tenggara. Untuk masalah harga yang ditawarkan pada burung pleci mata putih sangatlah bervariasi. Variasi harga tersebut tergantung pada tingkat kedewasaan burung pleci tersebut. Harga burung pleci mata putih di wilayah Jawa ditawarkan sekitar 200 ribu rupiah hingga 350 ribu rupiah per ekornya. Lain halnya dengan burung pleci mata putih yang masih anakan. Jenis burung pleci mata putih yang masih piyikan tersebut dibanderol dengan kisaran harga 150 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah.

Makanan Pleci Mata Putih

Makanan burung pleci mata putih tidak jauh berbeda dengan makanan berbagai jenis burung pleci lainnya. Pada umunya, burung pleci sangat menyukai berbagai buah-buahan, seperti jambu merah, apel, pisang, dan juga sawo. Untuk perawatan yang maksimal, para penghobi burung seringkali memberikan makanan tambahan atau extra food (EF) secara rutin dalam takaran secukupnya sesuai kebutuhan. Makanan tambahan burung pleci tersebut diantaranya yaitu jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan juga ulat kandang.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan burung pleci, anda juga bisa memberinya pakan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral diantaranya yaitu madu dan susu bubuk. Untuk mendapatkan burung pleci mata putih yang rajin berkicau, anda harus melakukan perawatan kepada burung pleci tersebut dengan benar dan baik. Mandikan burung pleci tersebut secara rutin setiap pagi dan sore harinya. Dengan suaranya yang khas dan unik, burung pleci banyak diikutkan lomba. Untuk itu, anda pun perlu tahu berbagai tips memoles pleci untuk lomba.

Itulah ulasan terupdate mengenai pleci mata putih selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *