Perawatan Burung Kenari Saat Mengerami Telur

Sebagai pecinta burung kenari, tentu saja anda ingin merawat dengan sebaik mungkin usaha budidaya burung kenari anda dari mulai perawatan anakan kenari sampai dengan perawatan kenari yang sedang dalam proses mengerami telur-telurnya. Setelah kenari selesai melakukan poses perkawinan, tahap selanjutnya yang harus dilewati oleh kenari adalah proses peneluran. Biasanya, proses peneluran berlangsung pada hari ke-18 setelah proses perkawinan berlangsung. Sang induk betinalah yang akan mengerami telur tersebut. Induk kenari jika sudah mulai masa kawin,sang induk betina dan induk jantan akan menyiapkan  sarangnya sendiri. Dan hal ini bisa memakan waktu satu minggu hanya untuk membuat sarang bertelurnya.

burung kenari mengeram

Perawatan Burung Kenari Saat Mengerami Telur

Induk burung kenari bisa menghasilkan telur sebanyak 2 sampai 5 namun yang kebanyakan hanya 4 butir saja. Dengan terjadwal, induk kenari tersebut akan bertelur antara jam 4 sampai 8 pagi. Setelah indukan kenari bertelur, maka kenari akan mengerami telurnya sampai menetas menjadi anakan kenari. Indukan yang sedang mengerami telurnya harus dirawat dengan sebaik mungkin agar telur yang dierami bisa menetas dan menjadi anakan kenari yang berkualitas.
Pentingnya Perawatan Induk Kenari Saat Mengerami

Jika perawatan tidak dilakukan dengan baik, maka akan didapati masalah yaitu telur kenari yang dierami tidak bisa menetas atau gagal menetas. Salah satu penyebab telur kenari gagal menetas adalah suhu udara yang ekstrim. Ada kalanya suhu udara sangat panas dan ada kalanya suhu udaranya berganti menjadi sangat dingin. Jika telur yang dierami kepanasan, maka embrio yang ada didalamnya akan dehidrasi lalu mati. Maka untuk anda pemelihara burung kenari, jangan sampai anda menjemur burung kenari anda yang sedang mengerami telurnya, apalagi saat itu cuaca sedang panas sekali.

Berilah vitamin untuk induknya, baik jantan maupun betina. Untuk kebutuhan nutrisi dan vitamin, dalam kesehariannya harus diperhatikan. Anda juga bisa menambahkan multivitamin khusus ternak kenari. Jika indukan kenari yang diternak kekurangan vitamin khususnya vitamin E yang berguna untuk membantu meningkatkan daya reproduksi burung kenari, maka embrio yang berada di dalam telur akan terkena pengaruhnya sehingga calon anakan yang ada di dalam telur tidak bisa berkembang dan gagal menetas.

Tips Perawatan Induk Kenari

Buatlah glodok di dalam sangkar kenari, tujuanya adalah untuk meletakkan sarang kenari yang nantinya akan di teluri. Pada siang hari, yang mengerami telur-telur adalah induk jantan dan induk betina yang mencari pakan. Dan pada malam hari yang mengerami telur-telurnya adalah induk betina dan induk jantan yang mencari pakan. Jika sang induk betina sudah mengerami telur selama 9 hari, pakan yang bisa kita berikan berupa biji, sayur, kroto, vitamin dan buah buahan. Jika sang induk betina sudah mengerami telur selama 9 hari, pakan yang bisa kita berikan berupa biji, sayur, kroto, vitamin dan buah buahan.

Terkadang ada burung kenari betina yang pada saat mendengar kenari jantan yang bernyanyi seketika itu juga kenari betina langsung loncat dari tempat pengeraman, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda jauhkan kenari jantan anda, supaya kenari betina anda lebih nyaman dalam proses pengeraman. Caranya adalah anda bisa menggantungkan kenari jantan di belakan rumah dan kenari betina digantungkan di depan rumah.

Perhatikan kebersihan kandang anda, karena kandang yang kotor merupakan sasaran empuk bagi kutu atau tungau yang sangat mengganggu. Semut juga bisa menjadi ancaman bagi telur yang baru menetas, akan tetapi semut biasanya hanya memakan bekas makanan kenari yang cenderung berbau amis seperti kulit telur. Jika cuaca dingin, berilah lampu yang tidak terlalu terang, lalu jangan diberi tempat minum agar indukan kenari tidak mandi terus menerus sehinggan telur yang dierami tidak akan merasa hangat bahkan menjadi gagal menetas.

Hindarkan dari binatang yang mengganggu selama proses pengeraman, seperti tikus, cicak, semut, kutu, agar dalam proses pengeraman lebih nyaman. Demikianlah ulasan tentang perawatan kenari yang sedang mengerami, semoga bisa memberikan manfaat bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *