Perawatan Burung Nuri Agar Rajin Berkicau

Burung nuri adalah jenis burung yang langka pada saat ini. Walaupun burung nuri sudah langka, masih ada juga yang menjual burung nuri ini, tetapi harga burung nuri ini sangat mahal. Jenis burung nuri yang pandai menirukan suara suara manusia (hanya sebagaian kata) adalah jenis burung nuri kepala hitam, burung nuri hanya ada di wilayah timur Indonesia meliputi Papua, Ternate, Ambon.

Perawatan Burung Nuri Agar Rajin Berkicau

Burung nuri yang ada di daerah tersebut memiliki jenis tersendiri salah satu yang banyak di cari oleh para penggemar burung kicauan adalah jenis burung nuri kepala hitam di habitatnya biasanya hidup dalam berkelompok dalam satu kawanan burung nuri biasanya terdiri dari 6 sampai 8 ekor dan termasuk dalam jenis burung yang di lindungi oleh negara karena populasinya yang hampir punah oleh perburuan liar.

Cara Merawat Burung Nuri

Para penggemar burung kicauan pasti akan terpikat oleh suara yag di hasilkan burung nuri karena suara yang lantang dan ritme yang berubah ubah tetapi stabil membuat penggemar burung gemar memeliharanya biasanya mereka membeli burung nuri yang masih anakan ini agar anakan burung nuri tersebut bisa dilatih dan nantinya bisa menghasilkan suara kicauan yang menarik. Penangkapan yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan jaring maupun pulut menghasilkan burung nuri yang sudah tua dan harganya pun agak sedikit murah karena memang burung ini masih liar dan butuh proses penjinakan.

Sebenarnya cara menjinakkan burung kunci nya ada pada diri kita sendiri, bagaimana kita memperlakukan nya, jika burung peliharaan kita merasa disayangi oleh pemiliknya, maka dengan sendirinya burung itu akan jinak dan sering berkicau dengan suara yang variasi. Jika burung peliharaan diperlakukan dengan kasar maka otomatis burung peliharaan tidak akan mau menurut dengan kita dan tidak akan mengeluarkan kicauan seperti burung yang sudah jinak.

Cara Menjinakkan Burung Nuri

Agar burung nuri anda jinak, maka buatlah tempat tinggalnya senyaman mungkin dengan membuat sangkar yang terbuat dari besi. Untuk jenis burung nuri,kandang tertutup kurang efisien untuk menjinakkan burung seperti burung Nuri. Baiknya pakai kandang terbuka,kalian bisa buat dari pipa besi kecil dibentuk persegi atau dari kayu rotan yang berbentuk setengah lingkaran. Lalu gunakan rantai kecil sebagai pengaman untuk diikatkan ke tali nya,gunakan batok kelapa yang sudah di potong berbentuk persegi kecil lalu lubangi atas bawah nya, lubang yang atas untuk di masukkan di kaki burung, dan lubang yang bawah untuk di kaitkan di kaki nya.

Langkah berikutnya adalah memberikan makanan yang bernutrisi dan pastinya disukai oleh burung peliharaan anda. Jenis makanan yang cocok untuk burung nuri adalah jenis buah buahan seperti pisang, pepaya, nangka atau kita bisa memberikan nasi yang sudah kita campur dengan air manis. Jika burung nuri peliharaan anda mau makan dengan lahab dan selalu tercukupi, maka burung nuri anda akan jinak dan rajin berkicau. Selain memberikan makanan buah buahan, anda juga perlu menyediakan minuman yang disukai oleh burung nuri. burung nuri suka minuman yang manis manis. Anda juga bisa memberikan minuman air susu untuk burung nuri anda.

Mandikanlah burung Nuri setiap hari dengan cara disemprot hingga basah kuyup,tapi ingat jangan disemprotkan tepat di bagian telinga nya,karena telinga burung nuri itu lebar, Tidak masalah dia kelabakan kesana-kemari waktu disemprot. setelah burung nuri kalian betul betul basah kuyup,jemur dan tempatkan dia di area yang terkena sinar matahari,jika sudah kering bulu nya angkat dan pindah kan di toko atau tempat yang sering di lalui orang,di atas pintu misalnya.

Demikianlah ulasan tentang perawatan burung nuri agar bisa menjadi jinak dan rajin berkicau. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *