Satu Aplikasi untuk Banyak Kebutuhan

Sebagai seorang kakak yang diberikan tanggung jawab penuh oleh orang tuaku, aku merasa bahwa aku harus sangat memperhatikan adikku dari berbagai aspek. Baik dari segi pendidikan hingga pergaulan. Mengapa harus aku yang bertanggung jawab penuh? Ya, karena orang tua kami sedang tugas ke luar negeri. Aku hanya tinggal bersama kedua adikku disini.

Saat ini aku merasa adikku yang besar harus mendapatkan tambahan belajar di luar sekolah. Mengapa demikian? Karena adikku sedang gemar-gemarnya bermain game, jika sudah di rumah maka waktu yang ia punya hanya ia habiskan untuk main game. Aku bekerja satu hari full, maka aku tidak bisa mendampinginya. Jika aku kerja di siang hari, yang mengawasi adikku adalah adik perempuan ibuku yang bungsu.

Tanteku sudah berusaha mengingatkan adikku agar ia tidak terlalu sering bermain game dan menyempatkan waktu untuk belajar, namun ia sangat sulit. Rencana orang tuaku adalah setelah adikku lulus SMA adikku akan dikuliahkan di luar negeri. Namun jika kondisinya malas belajar seperti ini, bagaimana kedepannya.

Aku juga merasa kalau Bahasa Inggris anak ini sangat kurang. Maka aku berencana untuk mencarikan dia bimbingan belajar sekaligus belajar Bahasa Inggris. Niatku mencari kedua hal tersebut dalam satu lembaga, namun ternyata sulit mendapatkannya, kadang bimbelnya bagus namun kualitas kursus Bahasa Inggrisnya kurang bagus atau sebaliknya. Maka dari itu aku masih mencari-cari solusi lain.

Salah satu teman kuliahku ada yang bekerja di sebuah perusahaan startup yang bernama Ruangguru, setelah ia menjelaskan bahwa ia bekerja di sebuah perusahaan yang mengelola aplikasi platform bimbel online, akupun langsung mengunduh dan mendalami aplikasi tersebut untuk adikku. Dan akhirnya aku menemukan beberapa fitur yang ditawarkan oleh Ruangguru yang akan aku ambil. Diantaranya :

  1. Ruangbelajar

Ruangbelajar ini sangat berguna untuk adikku. Ruangbelajar adalah fitur yang diibaratkan sebagai bimbel online. Maka di dalam fitur ini adikku dapat melakukan pendalaman materi, latihan soal serta konsultasi soal materi yang belum ia paham. Ruangbelajar sama dengan bimbel konvensional, aktivitas di dalamnya sama, hanya teknisnya yang berbeda.

2. Ruanglesonline

Di sini adikku dapat bertanya soal-soal tersulit dengan tutor-tutor terbaik selama 30 menit. Dengan begitu jika ia mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal terutama Bahasa Inggris, maka ia bisa bertanya melalui Ruanglesonline ini. Tutor-tutor berpengalaman dan berkualitas akan membantu adikku dalam belajar Bahasa Inggris salah satunya.

3. Ruangles

Selain itu, aku juga mencari guru privat untuk adikku melalui Ruangguru ini di fitur Ruangles. Aku merasa guru privat datang ke rumah juga perlu agar adikku bisa belajar secara langsung. Bertatap muka langsung dengan pengajar sangat dibutuhkan dalam belajar Bahasa asing, karena dalam belajar Bahasa asing ada aspek berbicara, aspek ini lebih enak jika dipelajari langsung dengan pengajarnya.

Satu aplikasi tapi dapat membantuku di berbagai kebutuhan, bukan hanya dalam belajar Bahasa Inggris untuk adikku saja, tapi untuk pelajaran lainnya di sekolah.