Tips Jitu Perawatan Kenari Gacor Paling Lengkap

Kenari gacor memang selalu diidam-idamkan oleh para penghobi burung. Pasalnya, para kenari mania pasti akan berusaha semaksimal mungkin guna memperoleh burung yang berkualitas khususnya pada segi kicauan. Hal itupun akan dilakukan mulai dari burung kenari masih berusia muda atau bakalan. Untuk merawat kenari agar cepat gacor, tentu bukanlah perkara yang instan. Selain pemilihan terhadap bakalan atau bahan yang bagus, proses perawatan kenari gacor yang diberikan juga menjadi kunci utama atas keberhasilan.
Untuk membuat burung kenari rajin berbunyi (gacor), atau dalam kondisi mempertahankan gacor, banyak hal yang bisa dilakukan terkait dengan perawatannya. Perawatan burung kenari tersebut dimulai dari mandi dan jemur, hingga pemberian pakan biji-bijian, sayuran, buah, dan extra fooding (EF) lainnya. Resep pakan burung kenari tertentu bisa membuat kenari makin gacor. Resep pakan burung kenari lainnya bisa membuat suaranya bening atau kristal. Beberapa perawatan burung kenari tambahan lainnya juga sangat berdampak besar bagi tingkat keberhasilan burung kenari tersebut untuk gacor.

 

kenari gacor

Tips Jitu Perawatan Kenari Gacor Paling Lengkap

Ada beberapa perawatan tambahan yang bisa diberikan pada burung kenari guna menunjang kemampuan berkicaunya. Perawatan burung kenari tersebut dilakukan juga bertujuan agar menjadikan burung kenari tersebut tetap selalu dalam kondisi dan stamina yang sangat fit sehingga dengan demikian burung kenari yang sehat akan lebih mudah dan rajin berkicau. Selain dari pemberian pakan dan perawatan harian, sebagai penghobi burung yang baik, jangan lupakan juga vitamin tambahan untuk membantu burung kenari melewati hari-harinya dengan kondisi yang lebih segar dan bisa bertahan dari gangguan suhu atau cuaca.
Ada berbagai cara unik dan cukup mudah untuk membuat burung kenari bisa berkicau dengan indah saat dilombakan. Salah satunya ialah cara unik dan sederhana yang dimaksud adalah cara semprot. Sebenarnya, ada dua metode yang bisa digunakan dari cara sederhana tersebut yakni dengan teknik semprot ven dan teknik semprot tenggeran. Cara tersebut bisa dilakukan pemula. Untuk info lebih jelasnya, simak saja tips perawatan kenari gacor berikut ini.

Cara Membuat Kenari Gacor

Teknik penyemprotan perawatan burung kenari gacor yang pertama adalah teknik penyemprotan pada bagian alat kelamin atau ven dari burung. Teknik penyemprotan ini bertujuan untuk mengatur tingkat birahi yang dimiliki oleh burung kenari. Sementara untuk teknik penyemprotan perawatan kenari gacor yang kedua adalah dengan cara semprot tenggeran. Metode cara semprot tenggeran ini bisa dilakukan untuk mengontrol burung kenari yang overaktif, yang terjadi karena burung tersebut mengalami over birahi sehingga harus segera diatasi. Cara mengendalikan burung kenari tersebut yakni dengan cara penyemprotan, khususnya dengan teknik semprot tenggeran. Umumnya sangkar burung kenari memiliki lebih dari 2 tenggeran. Teknik penyemprotan yang kedua ini khusus dilakukan sebelum burung kenari turun ke lapangan. Cara perawatan kenari gacor tersebut ialah dengan memilih 2 atau 3 tenggeran yang sering digunakan burung kenari lalu disemprot dengan air. Untuk melakukan penyemprotan sekitar 10 menit sebelum burung kenari digantung atau dilombakan.
 

Tips Melatih Mental Kenari Gacor

Burung kenari gacor akan kurang baik jika digantang bersamaan dengan burung yang masih bakalan. Oleh karena itu, supaya hasil yang diperoleh tidak berbeda jauh dengan seperti apa yang diharapkan, maka ada baiknya jika selalu memperhatikan perawatan kenari bakalan agar cepat gacor. Caranya yaitu dengan menggantang sangkar secara terpisah. Selain itu, memperhatikan suhu lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh bagi kesehatan dan juga performa burung kenari saat berkicau. Oleh sebab itu, ada baiknya kalau sebisa mungkin burung setiap harinya mendapatkan udara yang sejuk. Usahakan pula untuk tidak memberikan pencahayaan lampu yang terlalu terang pada malam hari, agar suhu tubuh kenari tetap terjaga. Selain itu, tips perawatan kenari gacor untuk menghindari suhu dingin bisa dilakukan adalah dengan mengkerodong kenari gacor setiap sore menjelang malam hari.

Tips Jitu Perawatan Kenari Gacor Paling Lengkap

Memberikan pemasteran burung kenari juga merupakan salah satu cara untuk merawat kenari agar cepat gacor dan melatih mentalnya. Memaster tersebut bertujuan untuk merawat kemampuan burung kenari dalam berkicau dengan cara memberikan isian master yang nantinya akan direkam oleh burung bakalan dan kemudian ditirukan olehnya. Burung kenari terlihat sedang beristirahat dan tenang saat di sore hari, di waktu inilah bisa diandalkan untuk memberikan isian master. Selain itu, sore hari juga banyak dipercaya bahwa diluar masa aktif burung, sehingga kemungkinan ia akan lebih fokus ketika diperdengarkan suara masteran. Supaya memperoleh hasil yang maksimal dimana burung kenari gacor, maka ada baiknya jika pemasteran dilaksanakan secara rutin, teratur, dan konsisten setiap harinya.

Perawatan burung kenari gacor selanjutnya ialah pemberian pakan. Cara bikin kenari gacor akan cepat terpenuhi jika nutrisi yang diperlukan telah diterima dengan baik. Selain itu, kecukupan nutrisi yang sempurna pada burung kenari juga dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan burung. Burung kenari gacor juga membutuhkan variasi menu makanannya. Kuning telur jelas menu bergizi, tetapi lebih baik lagi jika diberi variasi lain untuk menutup beberapa kandungan yang tak dimiliki bahan pakan tersebut. Oleh karena itu, beberapa para penggemar burung kenari kemudian memberikan variasi lain seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

Selain itu, anda bisa juga membuat pakan racikan sendiri. Resep pakan agar suara kenari gacor makin indah yaitu dengan membutuhkan 1 butir telur puyuh rebus (ambil kuningnya saja), 1 sendok teh mentega, 1 sendok teh madu, 1 sendok poppy seed, dan 1 iris biskuit bayi. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebagaimana penggunaan hemp seed (fumayin) yang masih pro-kontra, sebaiknya poppy seed diganti dengan bijian lain seperti niger seed.

Proses pembuatan resep pakan pada perawatan burung kenari ini relatif sederhana. Semua bahan yang disebutkan diatas dicampur jadi satu dalam wadah, kemudian diaduk-aduk hingga benar-benar merata. Setelah itu, pakan tersebut langsung diberikan kepada burung kenari peliharaan anda. Mengingat kandungan protein dan karbohidrat pada pakan perawatan burung kenari ini terlalu tinggi, maka dianjurkan tidak memberikannya dalam jumlah terlalu banyak. Sebaiknya, anda cukup berikan porsi secukupnya sekitar 1/2 sendok teh setiap hari.

 Untuk membuat suara kenari anda menjadi lebih bening, anda bisa membuat resep dengan bahan baku 1 liter air mendidih, 2 sendok teh biji adas atau 2 kantong teh adas (fennel tea), dan 2 sendok teh gula (bisa menggunakan gula merah murni). Biji adas dan gula dimasukkan ke dalam gelas, lalu diaduk. Apabila larutan sudah dingin, bisa diberikan kepada burung sebagai air minum. Perlu diketahui, resep ini diberikan 3 hari berturut-turut sebelum burung dikonteskan. Untuk perawatan harian, bisa memberikannya 1–2 kali dalam seminggu.

Itulah ulasan terupdate mengenai tips jitu perawatan kenari agar mudah gacor selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar perawatan jenis burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *