Tips Membedakan Pleci Dakun Maput Jantan dan Betina yang Bagus

Di Indonesia, burung pleci terdapat berbagai jenis yang banyak digemari para penghobi burung. Komunitas burung pleci pun semakin hari kian meningkat. Dengan suara yang khas dan unik, tak heran jika burung pleci banyak diidolakan para penghobi burung. Dari kesekian jenis burung pleci, jenis pleci dari keluarga Zosteropidae merupakan jenis pleci yang memiliki kemampuan gacor yang sangat khas sehingga menjadi salah satu keistimewaannya. Kemampuan gacor ngalas panjang yang dimiliki jenis burung pleci yang satu ini sukar dimiliki jenis burung yang lainnya.

Setiap jenis burung pleci memiliki keindahan fisik dengan suara merdu khas masing-masing sehingga menjadi pembeda jenisnya. Burung pleci itu sendiri banyak diikutsertakan dalam berbagai ajang perlombaan kicau. Bahkan tak jarang pula, burung pleci keluar sebagai pemenangnya. Salah satu jenis burung pleci yang memiliki banyak penggemar yaitu pleci dada kuning mata putih (pleci dakun maput). Jenis pleci dakun maput jantan berbeda dengan yang betinanya. Untuk info lebih lengkapnya, langsung saja simak cara membedakan pleci dakun maput jantan dan betina berikut ini.

Tips Membedakan Pleci Dakun Maput Jantan dan Betina yang Bagus

Beberapa jenis burung pleci yang banyak dicari untuk mengikuti ajang perlombaan diantaranya yaitu pleci dakun maput gunung muria, pleci dakun macok, pleci auriventer, pleci daput maput, pleci dakun maput ngalas, dan jenis pleci lainnya. Dari kesekian jenis burung pleci tersebut, pleci dakun maput juga menjadi idola terpopuler di Indonesia. Bahkan jenis burung pleci dakun maput atau pleci dada kuning mata putih tersebut merupakan salah satu jenis burung Zosterops yang paling istimewa. Dibilang istimewa karena jenis burung pleci dakun maput ini memiliki suara yang paling lantang dibandingkan jenis burung pleci lainnya. Burung pleci dada kuning mata putih tersebut juga sering disebut dengan nama pleci muria dan pleci kudus. Pasalnya, jenis burung pleci dakun maput tersebut berasal dari Gunung Muria, Jawa Tengah.

Jenis burung pleci dakun maput tersebut merupakan ikon utama dalam setiap kontes perlombaan karena memiliki mental yang bagus. Pleci dada kuning mata putih memiliki karakteristik yang unik dan khas. Sesuai dengan namanya, jenis burung pleci dada kuning mata putih tersebut memiliki iris mata yang berwarna putih dengan dada yang berwarna kuning. Pleci jantan dan betina memiliki karakteristik tersendiri. Untuk pleci jantan bila dilihat dari pangkal ekor akan membentuk huruf V di ujungnya. Pleci jantan memiliki lingkaran putih 2x lebih tebal dibandingkan pleci betina. Bentuk tubuh pleci jantan terlihat memanjang. Sementara pleci betina memiliki ujung ekor berbentuk M. Bentuk tubuh pleci betina terlihat bulat dan pendek.

Jenis pleci dakun maput yang bagus dilihat dari bentuk badannya yang panjang, paruh yang besar, serta leher yang panjang dan kekar. Sayap pleci dakun maput yang bagus terlihat lebih rapat. Pleci dakun maput tersebut juga memiliki suara kristal yang unik. Jenis burung pleci dada kuning mata putih merupakan jenis burung yang lebih bagus dibandingkan burung pleci dada kuning mata coklat. Sebelum mengikutsertakan pleci dakun maput tersebut dalam ajang perlombaan, anda harus melakukan perawatan burung pleci agar gacor terlebih dahulu.

Itulah ulasan terupdate mengenai pleci dakun maput selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *