Tips Mudah Membedakan Cucak Ijo Betina Dewasa dan Jantan

Cucak ijo banyak digandrungi para penghobi burung karena memiliki keunggulan di bidang suara dan juga fisiknya. Sebagai penghobi burung yang baik, pastinya akan selalu merawat hewan peliharaannya tersebut agar selalu sehat dan berkicau dengan indah. Namun sebelum melakukan perawatan tersebut, ada baiknya jika anda mengetahui jenis kelamin cucak ijo tersebut. Pasalnya, cucak ijo jantan dapat mengeluarkan suara yang relatif lebih indah dan lantang dibandingkan cucak ijo betinanya.

Untuk membedakan cucak ijo jantan dan juga betina pun cukup sulit, dibutuhkan ketelitian khusus untuk melihat perbedaannya. Saat masih kecil, cucak ijo jantan dan betina lebih sulit untuk dibedakan. Apalagi dalam hal suaranya, kicau keduanya sangat sama karena masih ngriwik. Namun anda jangan khawatir, cukup simak saja tips membedakan cucak ijo jantan dan betina berikut ini agar anda dapat membedakan keduanya dengan tepat.

Perbedaan Cucak Ijo Betina dan Jantan

Cara membedakan cucak ijo betina dan jantan dapat dilihat dari lingkar matanya. Ciri cucak ijo jantan dan betina dewasa sekilas memang hampir sama. Akan tetapi jika dilihat lebih teliti lagi, ternyata ciri fisik cucak ijo betina dewasa berbeda dengan jantan. Cucak ijo betina dewasa memiliki lingkar mata berwarna putih, sedangkan untuk cucak ijo jantan dewasa memiliki lingkar mata berwara kuning tegas. Untuk kualitas suaranya pun juga hampir serupa dan sulit untuk dibedakan. Akan tetapi, dengan bertambahnya usia cucak ijo sedikit demi sedikit akan terlihat perbedaannya. Suara cucak ijo betina dewasa tidak selantang suara cucak ijo jantan. Cucak ijo betina gacor tidak begitu keras dan tidak bervariasi.

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina selanjutnya yaitu dapat dilihat dari paruh bawahnya. Paruh cucak ijo betina dewasa memiliki perbedaan warna dengan paruh cucak ijo jantan. Warna paruh cucak ijo betina dewasa yaitu berwarna putih bersih, sementara paruh cucak ijo jantan berwarna cokelat gelap. Ciri cucak ijo betina dewasa dan jantan ini dapat dibedakan pada saat burung tersebut berumur sekitar 4 hingga 6 bulan. Pada umur tersebut, cucak ijo jantan dan betina mulai menampakkan tanda-tanda perbedaan keduanya.

Tips membedakan cucak ijo jantan dan betina berikutnya yaitu dengan teliti melihat tulang supitnya. Cucak ijo jantan memiliki tulang supit yang relatif kaku dan juga keras dengan jarak antara kedua sisinya relatif rapat, sementara cucak ijo betina memiliki tulang supit yang sedikit lentur serta dapat bergeser ke kanan atau ke kiri dengan jarak kedua sisinya relatif renggang. Untuk melihat perbedaan ini, para penghobi burung perlu melakukan ketelitian khusus agar tidak salah menentukannya.

Membedakan cucak ijo jantan dan juga betina juga dapat dilihat dari lehernya. Saat menginjak usia 4 hingga 6 bulan, cucak ijo betina dan jantan akan memperlihatkan perbedaan pada lehernya. Cucak ijo betina memiliki bulu-bulu leher yang berwarna kuning dan lama-kelamaan warna kuning tersebut akan berubah menjadi putih kehijauan. Sementara cucak ijo jantan memiliki bulu-bulu leher berwarna kuning yang lama-kelamaan akan berubah menjadi warna hitam. Setelah mengetahui perbedaan cucak ijo jantan dan betina, lakukan pola perawatan cucak ijo sebelum perlombaan dengan tepat.

Demikianlah ulasan terupdate mengenai cucak ijo betina dewasa selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar berbagai jenis burung terpopuler yang banyak digemari para penghobi burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *