Tips Perawatan dan Resep Makanan Poksay Mandarin

Makanan poksay mandarin adalah salah satu hal yang paling penting dalam merawat burung poksay mandarin. Saat melakukan perawatan, anda pasti akan membutuhkan makanan poksay mandarin. Anda harus mencukupi makanan poksay mandarin dengan nutrisi yang dibutuhkan burung tersebut. Dengan makanan poksay yang seimbang maka kesehatan burung poksay mandarin akan terjaga. Poksay genting atau chestnut-capped laughingthrush (Garrulax mitratus) adalah salah satu jenis burung poksay yang masih banyak ditemukan di Indonesia. Jenis burung genting ini juga biasa disebut dengan poksay mandarin.
poksai mandarin
Wilayah persebaran poksay mandarin relatif terbatas, yaitu di Sumatera, Semenjanjung Malaysia, dan Thailand. Spesies poksay mandarin ini memiliki kemiripan dengan chestnut-hooded kaughingthrush (Garrulax treacheri) yang hanya ditemukan di Kalimantan. Jenis burung poksay di Indonesia diantaranya yaitu poksay genting, poksay kuda, poksay mantel dan poksay jambul Sumatera. Kemudian untuk burung poksay yang impor namun dikenal oleh para penghobi burung yang ada di Indonesia diantaranya ialah burung poksay samho, poksay jambul dan poksay Hongkong.

Burung poksay mendarin adalah salah satu jenis burung kicau paling populer. Selain dikenal dengan burung kicau yang memiliki suara yang khas, burung poksay juga dikenal sebagi burung yang sangat giras. Terlebih lagi apabila burung poksay yang merupakan hasil tangkapan dari hutan atau habitat aslinya pasti sangat giras dan lincah. Tidak sedikit banyak para penghobi burung yang merasa kesulitan untuk menjinakan burung tersebut, sehingga dalam perawatan burung poksay menjadi seadanya. Untuk itu, sebagai penghobi burung yang baik tentunya harus melakukan perawatan burung poksay mandarin yang benar. Salah satu trik dan tips perawatan burung poksay mandarin ialah memberinya makanan poksay mandarin yan tepat.

Makanan poksay mandarin tersebut harus tepat dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung tersebut. Jika anda salah memberi makan, dikhawatirkan burung poksay mandarin anda akan tergulai lemas dan kesehatan poksay mandarin tersebut terganggu. Untuk info lebih jelasnya, anda dapat simak tips perawatan dan makanan poksay mandarin berikut ini.

Memandikan Poksay Mandarin

Jenis burung poksay mandarin termasuk salah satu jenis burung yang menyukai lingkungan sejuk dan lembab. Di alam liar, burung poksay mandarin umumnya berada tak jauh dari permukaan tanah. Dalam perawatan burung poksay mandarin, jika kebetulan turun hujan pada pagi atau siang hari yang tidak begitu deras, anda bisa memandikan burung poksay mandarin dalam air hujan (dihujan-hujankan) dalam kisaran waktu selama 10 – 15 menit. Jenis poksay termasuk salah satu jenis burung berkarakter kuat dan sangat menyukai mandi termasuk hujan-hujanan. Karena itulah, mereka lebih senang disemprot dengan sprayer daripada mandi dalam bak mandi atau karamba.

Menggantung Sangkar Poksay Mandarin

Tips perawatan burung poksay mandarin selanjutnya yaitu dengan menggantung sangkar burung pada posisi rendah. Hal ini dimaksudkan supaya burung poksay lebih mudah beradaptasi, sebab jika burung poksay ditempatkan ditempat yang tinggi dan jauh keramaian maka burung poksay akan tetap ketakutan apabila berada dalam keramaian. Ternak poksay mandarin cukup memberikan hasil yang memuaskan bagi para penghobi burung. Pasalnya, harga poksay mandarin cukup tinggi dibandingkan jenis poksay lannya.

Setelah itu, anda beri poksay tersebut dengan makanan poksay mandarin yang tepat. Perawatan harian yang bisa diterapkan pada poksay mandarin agar lebih rajin berbunyi adalah selalu menyediakan serangga dan buah-buahan setiap harinya. Pada saat poksay digantung, anda beri makanan poksay mandarin dengan buah-buahan seperti pepaya, serta extra fooding (EF) berupa ulat hongkong sebanyak 3-5 ekor untuk menghangatkan tubuhnya. Agar kondisi tubuh selalu fit, jangan lupa berikan multivitamin seperti BirdVit. Jika Anda menggunakan BirdVit, maka bisa dicampurkan dalam air minumnya. Diusahakan larutan multivitamin ini jangan  terkena sinar matahari secara langsung, akan tak mengurangi efektivitas vitamin tersebut. Suara poksay mandarin jantan menjadi karakter poksay mandarin yang unik.

Cara Menjinakkan Poksay Mandarin

Burung poksay termasuk burung kicau yang sangat rakus dalam makan serangga dan buah. Manfaat memberikan terapi lapar dalam waktu beberapa jam setiap harinya pada poksay membuat burung ini cepat jinak. Caranya anda ambil cepuk tempat pakan burung poksay pada malam hari hingga keesokan harinya. Pada saat itu, biarkan burung poksay mandarin beristirahat. Ketika esok tiba, masukkan kembali cepuk pakan beserta sarapan burung poksay mandarin. Saat poksay mandarin akan dimandikan dan dijemur, ambil cepuk pakan dan biarkan burung tanpa pakan selama 3-4 jam. Setiap satu jam sekali, poksay mandarin hanya diberi makan satu serangga, itupun langsung dari tangan kita.

Setelah 3-4 jam, pakan dan buah bisa anda sajikan lagi dalam waktu selama 30-45 menit. Selanjutnya, pakan harus diangkat lagi guna memberikan terapi lapar sambil tetap memberinya makan berupa serangga setiap satu jam langsung dari tangan kita. Selang beberapa hari, jenis burung poksay mandarin tersebut tidak akan giras lagi. Poksay mandarin yang sudah jinak dapat diberi cepuk pakan seperti biasanya. Dengan cara terapi lapar ini, burung tersebut akan terasa lebih patuh dan jinak, bak terhadap pemilik maupun orang lain. Akan lebih labik lagi, jika poksay mandarin diberi perawatan dalam kondisi yang tenang dan nyaman.

Tips Membedakan Poksay Mandarin Jantan dan Betina

Burung poksay mandarin betina memiliki warna bulu yang hampir sama dengan burung muda atau bisa dibilang remaja, yaitu lebih kusam daripada burung jantan dan berwarna lebih kecokelatan. Lihat bentuk lingkar mata atau kacamata putih tebal yang melingkar pada bagian matanya. Pada burung poksay genting jantan, bentuk lingkarannya tidak sesempurna burung poksay betina. Poksay mandarin betina dan jantan relatif sangat sulit dibedakan. Pasalnya, spesies ini bersifat dimorfik seksual, di mana burung jantan dan burung betina memiliki penampilan fisik yang hampir sama. Meski begitu, bagi para penghobi burung yang cermat dapat melihat beberapa perbedaannya secara leboh detail.

Jenis poksay mandarin itu sendiri memiliki beberapa karakteristik. Agar tidak keliru dengan spesies poksay lainnya, berikut ini beberapa karakteristik burung poksay genting. Ukuran tubuh sedang yaitu jenis poksay mandarin tersebut hadir dengan panjang 22 hingga 24 cm, tubuh bagian bawah (dada dan perut) berwarna abu-abu, mahkota berwarna kecokelatan, lingkar mata atau kaca mata berwarna putih (untuk poksay asal Kalimantan berwarna kuning) dan menonjol, pada sayap terdapat bercak putih tebal, paruh berwarna kuning terang, dan vent atau daerah sekitar kloaka berwarna kecokelatan. Jenis poksay mandarin tersebut memang menjadi idola para penghobi burung saat ini. Tak heran jika namanya begitu kondang dan terkenal hingga ke pelosok dunia.

Itulah ulasan terupdate mengenai tips jitu perawatan dan makanan poksay mandarin selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar perawatan jenis burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *