Tips Perawatan Nuri Kepala Hitam Paling Lengkap

Perawatan nuri kepala hitam kian populer hingga saat ini. Memang burung nuri merupakan jenis burung yang langka saat ini. Meski begitu, ada oknum yang menjual burung anakan nuri kepala hitam ini. Maka harga nuri kepala hitam pun sangat mahal. Jenis suara nuri kepala hitam tersebut pandai menirukan suara (hanya sebagaian kata). Burung nuri itu sendiri hanya ada di wilayah timur Indonesia meliputi Papua, Ternate, dan Ambon. 
Tips Perawatan Nuri Kepala Hitam Paling Lengkap
Burung nuri yang hidup di daerah tersebut memiliki jenis tersendiri. Salah satu burung nuri yang banyak dicari oleh para penggemar burung kicauan adalah jenis burung nuri kepala hitam. Di habitat hidupnya, nuri kepala hitam jantan dan betina biasanya hidup dalam berkelompok. Dalam satu kawanan burung nuri tersebut biasanya terdiri dari 6 sampai 8 ekor.

Burung nuri kepala hitam termasuk dalam jenis burung yang dilindungi oleh negara. Hal ini karena populasi burung nuri kepala hitam yang hampir punah oleh perburuan liar. Nuri termasuk jenis burung paruh bengkok (parrot) dengan ukuran tubuh lebih besar daripada lovebird dan parkit, apalagi serindit. Burung nuri ini memiliki sifat yang sangat cerdas dan atraktif. Untuk mendukung aktivitasnya, nuri membutuhkan nutrisi/gizi yang serasi dan seimbang. Untuk itu, perlu adanya perawatan nuri kepala hitam yang tepat. Anda harus teliti dalam melalukan perawatan nuri tersebut.

Keunikan yang dimilikinya, membuat nuri kian populer. Sebagian masyarakat Indonesia terkadang menyebut burung nuri identik dengan kasturi. Misalnya, nuri kabare kerap disebut juga sebagai kasturi raja. Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, meski keduanya sama-sama anggota keluarga Psittacidae. Banyak penggemar nuri yang mengeluhkan nuri tidak gesit atau kelihatan kurang aktif. Tidak sedikit pula yang mengeluh nuri kurus yang terlihat dari dadanya yang nyilet. Bahkan, banyak juga nuri yang mengalami kebotakan pada beberapa bagian tubuhnya. Hal ini akibat dari perawatan burung nuri yang kurang tepat. Untuk info lebih jelasnya, langsung saja anda simak tips perawatan nuri kepala hitam paling lengkap berikut ini.
Perawatan Nuri Kepala Hitam

Perawatan nuri kepala hitam harus dilakukan dengan tepat. Pasalnya, selain mempunyai bentuk serta warna bulu yang bagus, burung nuri ini dapat mempunyai suara yang merdu. Jenis burung nuri kepala hitam ini terhitung hewan yang pandai serta burung nuri juga dapat dilatih bicara. Burung nuri yang jinak tidak akan takut terhadap manusia, bebas dari tekanan sekelilingnya terlebih lagi terhadap manusia. Selain itu, burung nuri yang jinak dapat diberi makan dari tangan kita. Terlebih lagi burung nuri kepala hitam mau hinggap di tangan dan pundak kita.
Kandang

Cara perawatan nuri kepala hitam yang pertama ialah dengan memperhatikan kandangnya. Kandang burung nuri yang tertutup seperti sangkar kurang efisien untuk menjinakan burung nuri. Sebaiknya burung nuri ditempatkan kandang terbuka dan mengandalkan sebagai rantai. Sebaliknya jika burung nuri sangat liar, sebaiknya dalam perawatannya di tempatkan di area yang ramai dan sering di lalui anggota keluarga. Hal ini dilakukan untuk membiasakan burung nuri terhadap kehadiran manusia di sekitarnya.

Jangan lakukan yang sebaliknya, burung nuri liar di tempatkan di tempat tersembunyi yang justru akan membuatnya ketakutan saat di dekati. Jika burung nuri kita terlihat takut atau gugup, sebaiknya tempatkan di tempat yang agak tinggi. Selain itu, setiap minggunya posisi kandang agak di turunkan hingga mencapai posisi normal. Dengan memperhatikan bentuk, dan posisi kandang, nuri kepala hitam akan cepat gacor dan jinak. Selain bentuk dan posisi, dalam perawatan nuri kepala hitam, anda juga harus memperhatikan kebersihan kandangnya.
Memandikan

Tips memandikan nuri kepala hitam biasanya dengan disemprot menggunakan semprotan. Biarkan dahulu di tempat terbuka, hingga bulu nuri kepala hitam agak kering. Kemudian nuri kepala hitam dimasukkan segera ke sangkar, dan gantung di tempatnya. Pada dasarnya ada beberapa manfaat memandikan nuri kepala hitam sampai basah kuyup. Mempercepat rasa lapar. Pada waktu basah kuyup, nuri kepala hitam bisa menjadi lapar bukan hanya karena kekurangan nutrisi. Melainkan nuri kepala hitam terlampau banyak membakar karbohidrat untuk memanaskan tubuh.
Makanan

Saat lapar, maka nuri kepala hitam akan semakin tergantung pada kita. Pada waktu memberikan makanan nuri kepala hitam adalah moment yang pas untuk menjinakkan nuri kepala hitam anda. Awalannya kita berikan makanan pada nuri kepala hitam menggunakan lidi. Makin lama lidi semakin pendek, hingga akhirnya cobalah taruh makanan di tangan kita. Jika nuri kepala hitam mulai berani, nuri kepala hitam mendekat dan memakan dari tangan kita, itu tandanya nuri kepala hitam mulai jinak. Biasanya, jika perawatan dilakukan dengan baik dalam kurun waktu 1 bulan, nuri kepala hitam liar kita akan menjadi relatif lebih jinak dan gacor.

Pakan nuri kepala hitam harus diperhatikan secara seksama. Hal ini karena berkaitan dengan pertumbuhan, perkembangbiakan, serta kesehatan nuri kepala hitam itu sendiri. Makanan yang tepat diberikan untuk nuri kepala hitam berupa buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian. Hal tersebut tampak seperti di habitat aslinya. Burung nuri kepala hitam ini memakan jenis makanan yang banyak protein nabati tinggi.


Perbedaan Nuri Kepala Hitam Betina dan Jantan

Secara umum, perbedaan jenis nuri kepala hitam jantan dan betina mudah dilihat. Burung nuri kepala hitam yang jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis burung nuri kepala hitam betina. Ekor burung nuri kepala hitam jantan lebih pendek dibandingkan dengan nuri kepala hitam betina. Burung nuri kepala hitam jantan lebih pendek daripada nuri kepala hitam betina. Jenis nuri kepala hitam betina memiliki kalung berwarna hitam di bagian lehernya. Burung nuri kepala hitam jantan memiliki bulu berwarna tegas dan mengkilat dibandingkan dengan nuri kepala hitam betina. Warna bulu nuri kepala hitam terlihat berwarna dop.

Pada dasarnya, hampir semua burung memiliki bentuk paruh yang bengkok seperti halnya nuri kepala hitam. Tentunya, jenis nuri kepala hitam memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi ciri khasnya. Jenis nuri kepala hitam mampu menirukan suara manusia. Terlebih lagi, jenis nuri kepala hitam memiliki warna bulu yang indah. Burung nuri kepala hitam mampu melakukan berbagai macam atraksi apabila dilatih dengan tepat. 

Jenis nuri kepala hitam mampu memiliki ekor yang melebar. Bahkan, jenis nuri kepala hitam mampu mencapai berat 200 hingga 240 gram. Untuk itu, nuri kepala hitam membutuhkan kandang sebagai tempat tinggalnya dengan ukuran 1 meter x 1 meter. Sebaiknya, kerangka kandang nuri kepala hitam tersebut berbahan dari kayu dan kawat ram.

Itulah ulasan terupdate mengenai tips perawatan nuri kepala hitam terlengkap selengkapnya untuk anda. Semoga artikel tersebut bermanfaat. Terlebih lagi, artikel tersebut dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar cara perawatan berbagai jenis burung terpopuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *